5 Destinasi wisata alam terindah di Enrekang

Kabupaten Enrekang adalah salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Enrekang. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.786,01 km² dan berpenduduk sebanyak ± 190.579 jiwa.

Baca Juga:

Jasa Pembuatan Website Pariwisata Modern

Jasa Pembuatan Website di Makassar

Jasa Pembuatan Website di Enrekang

Nah kali ini kita akan memberitahu kalian tentang beberapa destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi jika berkunjung ke Enrekng

1. Buttu Macca Enrekang

Wisata Kampong Buttu Macca, Kecamatan Anggareja, Kabupaten Enrekang, Sulsel bisa menjadi pilihan anda menghabiskan liburan akhir pekan. Lokasi Kampong Buttu Macca yang artinya Kampung Bukit Pintar ini berada sekitar 15 kilometer dari pusat kota Enrekang, dikelilingi Gunung Bambapuang dan Gunung Nona.

Untuk menikmati suasana di lokasi wisata ala petualang ini, bersiap-siaplah mengawalinya dengan mendaki bukit. Keringat pun mulai mengucur, tetapi saat tiba di puncak lelah dan keringat yang keluar terbayarkan. Semilir angin dan panorama mulai memanjakan indera. Lokasi wisata ini dikelola oleh sekelompok pemuda yang tergabung dalam Kelompok Pencinta Alam (KPA) Laskar Bambampuang.Tidak perlu dalam-dalam merogok kocek. Tiket masuk bisa dibeli seharga Rp 5.000 untuk pengunjung dewasa maupun anak-anak. Jangan lupa, bagi yang membawa anak kecil, harus tetap terpantau. Jika antrean panjang, pengunjung bisa mencoba ayunan jomblo di dekat gerbang masuk. Ini gratis.

2. Dante Pine Enrekang

Kawasan wisata Dante Pine ini kondisi alamnya sangat bagus. Dari sana kamu dapat melihat dengan jelas panorama perbukitan berwarna hijau yang sangat memukau. Pemandangan alam yang indah ini sangat memanjakan mata. Tentunya tepat sekali bila kamu butuh tempat refreshing dan mengunjungi tempat wisata ini sob. Wisata alam Dante Pine di Enrekang ini menarik untuk dikunjungi karena tidak hanya menyuguhkan keindahan alam yang luar nyata, tetapi juga menyediakan aneka wahana ekstrim dan spot foto yang keren banget sob. Tersedia wahana seru seperti; tarzan swing, ayunan, dan skybike. Selain itu, terdapat spot foto keren seperti gardu pandang dengan beragam model, misalnya saja gardu pandang model sepasang sandal, perahu, dan model biasa. Oh iya, ada juga spot foto berupa rumah hobbit yang unik banget sob.

3. Kebun Massenrempulu

Kebun Raya Massenrempulu salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Enrekang.

Lokasinya di Dusun Buttu Kuang, Desa Batu Mila, Kecamatana Maiwa.

Kebun Raya Massenrempulu sudah berusia 10 tahun, dibuka pada Bupati Enrekang Latinro Latunrung.

Ada 600 jenis tanaman yang tumbuh dan dibudidayakan di kebun ini.

Baik tanaman endemik dalam negeri maupun dari luar negeri, seperti jabon merah, palem, ketapang Malaysia, Kigelia Afrikana, dan lain-lainnya.

Luas kebun 300 hektar namun yang dikelola hingga saat ini baru 100 hektar.

Tujuh nama taman di kebun tersebut: Taman Palem, Taman Wangi, Taman Obat, Taman Hias, Taman Jogging Track, dan Taman Latinro.

Baca Juga:

Jasa Pembuatan Website Pariwisata Modern

Jasa Pembuatan Website di Makassar

Jasa Pembuatan Website di Enrekang

Ada juga tujuh kolam untuk budidaya ikan air tawar seperti ikan bawel, maula, patin, nila, dan ikan emas.

Jika lelah berkeliling kita bisa beristirahat di gasebo-gasebo pojok taman.

Mau buang air? ada tiga toilet umum di kawasan ini.

Kebun Raya Massenrempulu buka pukul 08.00 wita sampai 17.00 wita, setiap hari.

Tiket masuk Rp 5000 dewasa dan hanya Rp 3000 untuk pelajar.

 

  1. Wisata Cekong

Awalnya, Bukit Cekong hanya digunakan sebagai sirkuit balapan untuk perhelatan grasstrack saja, namun sekarang menjadi tempat wisata yang menghadirkan berbagai wahana yang menegangkan, ekstrem dan memacu adrenalin.

Pencetus wahana menegangkan yang ada di bukit Cekong adalah Hafsan. Pecinta alam yang menggemari olahraga ekstrem yang mencoba memanfaatkan potensi lain dari bukit yang memiliki ketinggian sekitar 1.000 mdpl.

5. Air terjung lewaja

Wisata Alam Air Terjun Lewaja berjarak kurang lebih 6 Km dari Pusat kota Enrekang dan Jika kita melewati arah timur kita bisa mendapatkan lokasi ini dengan watu tempuh kurang lebih 15 Menit, dan ketika anda telah sampai disini anda akan menikmati 2 sensasi alam yang sangat indah, yaitu air terjun lewaja sendiri dan permandian alami lewaja.

Dan Perjalanan menuju Air Terjun Lewaja pun bukan mudah tanpa hambatan akan tetapi anda perlu kehati-hatian yang sangat ekstra, karena jalur menuju air terjun ini cukup menantang, pasalnya anda akan melewati kompleks pegunungan, yang berjarak kurang lebih 1 Km dari pemandian (kolam renang), disisi kiri anda akan melihat bukit yang indah, dan sisi kanan anda melihat lembah dan jurang yang cukup mengerikan jadi sebaiknya anda berhati-hati karena jalanannya sempit dan juga kadang licin.

 

Selain Air Terjun Lewaja anda akan bisa menemukan Kolam Permandian Lewaja yang sudah dibuat semenarik mungkin,dilengkapi dengan fasilitas renang yang menunjung keperluan para wisatawan dan para pengunjung yang datang ke permandian lewaja ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *